Thursday, June 4, 2009

Google PageRank = Bego + Masa Sih?!


Desas-desus yang hot belakangan ini setelah ‘banned massal’ parked beberapa waktu yang lalu adalah kabar terbaru seputar update Google PR. Berita ini pertama kali saya dengar dari bisik-bisik peserta konferensi yang disponsori oleh bocah sabtu kemarin. Meski konferensi itu sendiri saya nilai kurang menggigit (baca : ga teratur dan kacau-balau :P), tapi ya lumayanlah saya bisa dapat info baru mengenai Google PR. Issu tersebut pun menjadi semakin kuat ketika saya membaca posting terakhir dari om Puthzel di blognya.

Pagi tadi, keinginan buat check PR blog-blog dan situs-situs yang saya miliki tak lagi bisa tertahankan tatkala sedang asyik-asyiknya surfing iklan PTC yang saya ikuti dan konteskan disini. Maka, tanpa berpikir banyak-banyak masuklah saya ke situs-situs yang bisa mengecek PR seperti PRChecker.info dan iWebTool.

Oh iya, sedikit informasi bagi yang belum tahu apa itu Google PR : PR adalah singkatan dari Google Page Rank. Nilainya berupa score antara 0-10. Semakin besar semakin bagus. Yah pokoknya si om Google punya sistem yang menurut mereka maknyosslah untuk menentukan PR dari sebuah situs. Tapi apa bener begitu??

Well, situs pertama yang saya cek tentu saja blog ini. Dan hasilnya adalah : nol. Yup, PR blog ini masih nol. Tapi ini wajar aja buat blog yang masih seumur jagung (peduli amat sama PR, huehuehue). Kemudian saya cek PR situs saya yang lain. Yah hasilnya variasi antara 0-4. Meski yang dominan adalah Nol Pengen cari temen senasib, saya pun lantas mengecek PR blog/web lain yang saya pikir lumayan ngetop…ehmm akhirnya saya dapet banyak temen deh karena rata-rata sama aja, PR mereka ga jauh-jauh dari telor (web nya ga usah disebutin ah, malu).

Sselesai? Beluum. Saking isengnya saya mengecek update PR ini, blog-blog yang sudah ga saya urusin lagi pun saya cek juga. But, keisengan ini ternyata menghasilkan keanehan karena ternyata dua blog ‘jablai’ saya (baca : blog yg dibuka pun ga pernah, apalagi diurus) mengalami kenaikan PR dari 0 menjadi 3. Aneh bin ajaib, bukan?

Buat kamu yang tahu blog ini dari lama, kamu pasti tau dengan prolr.blogspot.com yang terakhir semua isinya saya hapus dengan hanya menyisakan sebuah posting berisi pemberitahuan bahwa blog tersebut dipindahkan kesini. Nah, inilah salah satu blog saya yang mengalami kenaikan PR dari 0 ke 3. Bisa ga dibayangkan bahwa blog kosong saya memiliki PR yang sama dengan blog nya cosaaranda yang super ngetop-mantaf-maknyoss-ngejreng-satu untuk semua itu (mancing biar orangnya kasih link balik :P) Bahkan forum-forum yang ramai seperti adsense-sby dan adsense-id pun hanya punya PR 2 dan 4.

Pertanyaannya adalah : ada apa ini, ada apa, yuk mari.

Sebenarnya apa sih gunanya PR selain sebagai score? Ada. Salah satunya adalah buat kamu yang mau ikut TLA, minimum PR adalah 4, artinya PR menjadi penting buat program itu. Karena blog jablai saya cuma punya PR 3, maka tadi pagi langsung aja saya permak buat didaftarkan ke program pay for review seperti sponsoredreview atau blogvertise. Soalnya denger-denger bayaran buat blog ber-PR 3 rata $10 per review lebih tinggi dibandingkan blog yang berPR rendah. Kan lumayan buat bayar cicilan becak Tapi biar lebih oke, blog itu saya naikkan dulu Alexa Rank + Traffic-nya. Contentnya pun saya copas aja darimana-mana. Hehe. Jangan ditiru ya, karena bisa aja Google tiba-tiba menurunkan PR blog, ini cuma eksperimen saya aja. Nothing to loose.

Terlepas dari bego tidaknya Google. Terlepas dari penting tidaknya Google PR. Terlepas dari sudah final atau belumnya update PR ini. Yang penting tetap semangat dan mulailah mengamati perkembangan blog/situs yang kamu miliki. Perkembangan selanjutnya bakal terus saya pantau dan informasikan, sekalian juga nanti bakal saya bahas tentang program-program Pay Per Review nya sebagai cara lain mendapatkan uang melalui internet.

Hufff, udah cape nih nulisnya. Lanjutin surfing iklan lagi ahh.

ps : Nilai PR yang valid hanya Google yang tau, jadi PR check site itu cuma estimasi aja dan belum tentu bener.

No comments:

Post a Comment